GLOW IN THE DARK



GLOW IN THE DARK
Written by Kristina Sitanggang


1 korintus 15:33 (FAYH)

Janganlah terkecoh oleh orang-orang yang mengatakan hal-hal semacam itu. Kalau Saudara mendengarkan mereka, maka Saudara akan berkelakuan seperti mereka.

..................................................

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai mahkluk sosial dituntut untuk bergaul dan berkolaborasi dengan banyak orang lain lewat komunitas dan lembaga tertentu.  Bergaul lbisa ewat perkataan, ide, gagasan, pikiran dan lain sebagainya. Namun yang menjadi masalah adalah seringkali kita teralihkan  atau terkecoh dengan apa yang kelihatan dan dengan apa yang terdengar oleh telinga. Terkadangan alasan ini membuat banyak orang percaya termasuk Youth sekarang menghindari komunitas atau gesekan dengan orang lain karena TAKUT masuk kedalam zona pergaulan yang tidak baik. Padahal, kita dituntut untuk menjadi Garam dan Terang.

Let's see...
Mendengarkan = Shema (tidak tunduk/ patuh)
Mendengarkan sesuatu yang kurang baik belum tentu dikatakan salah bergaul, tetapi yang salah itu ketika kita terkecoh.

Contoh kisah didalam alkitab yang tidak terkecoh sekalipun mereka mendengarkan sesuatu hal yang tidak baik
  • Yusuf = Tidak terkecoh dengan perkataan rayuan potifar
  • Abraham =  Imannya tidak terkecoh oleh karena perkataan Sarah yang melihat kondisinya sudah berumur.
--------------------------------------------------------------TERANG VS GELAP-----------------------------------------------------

#FAKTA 
→ #1.Hari-hari makin jahat

Efesus 6:16 TB


Dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat.
2 Timotius 1-9 TB
Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman.

So, jangan heran kalau dunia semakin jahat dan semakin hancur. Kita semakin sulit menemukan KASIH  . Nah, yang perlu kita lakukan adalah jangan kepoin fakta#1 untuk kompromi.
→#2 Terang menguasai gelap
Yohanes 1:5
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
Justru yag perlu kita kepoin adalah prinsip terang yang menguasai gelap. Pertanyaannya adalah, darimanakah terang itu bersumber? 

FIRMAN = TERANG
Dimana terang itu ada?
  1. Di Gereja?
  2. Di Komsel?
  3. Di Pemuridan?
  4. Di Rumah?
  5. Di buku catatan aja?
Pastikan saudara meletakkan terang itu ditempat yang benar!

How to shine???

1. Mengikut yesus

Yoh 8:12
Mau bersinar? carilah sumbernya...
Mau teramg? carilah penerang...

Hari ini jangan pakai terang dengan cara kita. Ibarat PLN adalah sumber listrik yang tak terbatas, sementara kita hanya mengandalkan lampu hp, lampu portabel, lilin sebagai sumber penerang yang terbatas. Demikianlah YESUS adalah sumber terang yang tak terbatas oleh ruang dan waktu.

JESUS = UNLIMITED

 Firman Tuhan katakan, siapa yang berjalan bersama Dia didalamNya ada sukacita, Iman, Pengharapan, pengampunan, kemenangan....
Nah, sekarang apakah dalam hidup kita sudah benar-benar ada terang?

2. Jangan menyembunyikan terang 

Matius 5:15 FAYH 
Janganlah terang itu kalian sembunyikan, melainkan biarkanlah terang itu bercahaya bagi semua orang. Biarlah semua orang melihat kalian berbuat baik, sehingga mereka akan memuji Bapa kalian yang di surga.
Lukas 11:33
Tidak ada seorang pun yang memasang pelita, lalu menyembunyikannya! Sebaliknya, ia akan meletakkannya di atas kaki pelita supaya menjadi penerang bagi semua orang yang memasuki ruangan.




Nah, saat ini sebagai orang yang percaya yang dituntut menjadi garam dan terang mari belajar mengikuti teladan Yesus Kristus. Kita sebagai anak-anak muda jangan menghindari teman-teman kita yang mungkin bukan orang percaya. Tetapi, mari belajar utuk menjadi garam dan terang dimanapun dan kapan pun termasuk ditempat yang gelap seperti pergaulan teman kita di kampus, sekolah, pekerjaan. Karena apalah gunanya kalau terang didalam terang pasti terang nya tidak akan sebercaya terang yang berada ditengah kegelapan lagian FirmanNya katakan tidak ada terang yang dapat disembunyaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini